Selasa, 03 November 2009

Malaysia Juga Patenkan Tumpeng, Ketupat, dan Gamelan

Malaysia Juga Patenkan Tumpeng, Ketupat, dan Gamelan




http://republika.co.id/images/news/2009/09/20090921053214.jpg


http://kangsamsam.files.wordpress.com/2008/03/nasi-tumpeng.jpg
KUALA LUMPUR–Malaysia semakin gencar mematenkan warisan kebangsaan ‘truly Malaysia’. Hingga 13 Mei 2009, statistik daftar warisan kebangsaan Malaysia mendaftarkan berbagai macam makanan hingga kebudayaan, termasuk ketupat, nasi tumpeng, wayang kulit, dan gamelan.

Seperti dilansir situs resmi pemerintah Malaysia, warisan.gov.my, Senin (28/9), warisan kebangsaan Malaysia itu terdiri atas tiga bagian, yakni tapak warisan, obyek, dan orang hidup. Untuk kategori tapak warisan berisi bangunan-bangunan bersejarah dengan nilai arkeologi yang tinggi. Untuk kategori oyjek warisan berisi daftar makanan, kesenian, kebudayaan, hingga lukisan berharga asli Malaysia.

Sedangkan kategori orang hidup berisi tokoh-tokoh penting Malaysia yang masih hidup. Tokoh-tokoh itu dinilai memiliki peran sangat penting terhadap nilai sejarah Malaysia.

Untuk kategori warisan obyek kebangsaan, sebagian besar didaftarkan akhir 2008 dan awal 2009. Warisan kebangsaan Malaysia yang didaftarkan pada 25 Desember 2008, antara lain nasi tumpeng, ketupat, air kelapa, tempoya, lemang, sate, dodol, bubur sum-sum, dan bubur kacang hijau.

Wayang Kulit terdaftar dengan nomor P.U.(A) 85, sedangkan Gamelan nomor P.U.(A) 78. Gamelan yang ada di Malaysia sama dengan gamelan yang berasal dari Jawa. Alat-alatnya terdiri dari Gong Agong, Gong Sawokan, Gendang Ibu, Gendang Anak, Saron. Dilihat dari sejarahnya, gamelan di Malaysia kali pertamanya diperkenalkan di Pahang, saat pemerintahan Sultan Ahmad Muaddzam Shah. Permaisurinya, Fatimah dan istri kedua Sultan, Che Bedah ikut berperan menyebarkan gamelan.

Sekitar tahun 1913, gamelan menyebar ke Terengganu, dibawa oleh putri Sultan Pahang, Mariam yang menikah dengan Sultan Terengganu saat itu, Sultan Sulaiman Badrul Alam Syah. Sultan Sulaiman bahkan menciptakan berbagai lagu dan tarian, termasuk lambang sari, geliung, ketam renjong, togok, gagak seteru, lancang kuning, dan sebagainya. ant/eye

Berikut daftar kesenian dan budaya Malaysia yang didaftarkan pada 23 Februari 2009:

1. Boria
2. Tarian Zapin
3. Gamelan
4. Tarian Bhangra - Kaum Sikh
5. Tarian Bharata Natyam - Kaum India
6. Gendang Dua Puluh Empat Perayaan (Gendang Cina)
7. Dikir Barat
8. Pantun Melayu
9. Syair
11. Tulisan Jawi
12. Wau Malaysia
13. Congkak
14. Gasing
15. Wayang Kulit, didaftarkan pada 26 Februari 2009



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

harap isi ini
:) -->
:D -->
:$ -->
:( -->
:p -->
;) -->
:k -->
:@ -->
:# -->
:x -->
:o -->
:L -->
:O -->
:r -->
:y -->
:t -->
:s -->
:~ -->
:v -->
:f -->
:d -->
:c -->
:z -->

ultimate web translator with flags

Blog Archive