Jumat, 13 November 2009

Seniman Pembuat Pintu Ka'bah Meninggal Dunia


Seniman Pembuat Pintu Ka'bah Meninggal Dunia



http://akhmadguntar.com/wp-content/uploads/2008/umroh2008/pintu-kabah.jpg



MAKKAH, Sheikh Ahmad bin Ibrahim Badr, Seniman yang membuat pintu emas Ka'bah , meninggal dunia pada usia 89 tahun di Makkah Jum'at kemarin, Menurut harian Arab Saudi berbahasa Inggris, The Arab News kemarin. Ahmad membuat pintu Ka'bah menggunakan emas murni seberat 300 kilo gram atas perintah Raja Khaled pada Oktober 1979.

Ibrahim dan dua kerabat yang juga pandai emas, Mahmoud dan Ibrahim Badar, membuatnya dalam waktu setahun penuh. Pilar interior dan meezab, dibuat dengan 25 kilogram emas 24 karat, juga selesai selama setahun. Ayat al-Quran Ya Hayy Ya Qayyum (Wahai yang Maha Hidup, Maha Mendengar) dan Tulisan Allah dan Muhammad diukir pada pintu. merupakan Hasil kerja mereka termasuk juga rangka perak Hajar Aswad.

Ahmad dilahirkan di rumah leluhurnya di daerah Qashashiya, Mekah, tahun 1920. Setelah belajar di sekolah Al-Falah, ia bergabung dengan ayahnya memproduksi peralatan dari emas dan perak sejak usia 15. Ahmad bekerja di toko emas ayahnya "Toko Emas Syekh Ibrahim Badar". Ia memang keluarga seniman emas terkenal karena karya-karya halus pandai emas yang indah. Karyanya dianggap masterpiece dan jadi incaran keluarga kerajaan Arab dan tokoh-tokoh terkenal negara Muslim.

Selepas belajar di sekolah al-Falah, beliau menyertai bapanya di bengkel emas dan perak pada usia 15 tahun. Ahmad bekerja di kedai bapanya Sheikh Ibrahim Badr di Goldsmiths Street sepanjang hidupnya.

Ratusan ribu jamaah haji dari seluruh dunia yang berada di Masjidil Haram, Sabtu (7/11), dilaporkan ikut mensalati jenazah pimpinan tim seniman pengrajin emas yang dihormati di Arab ini.

Harian Arab News edisi Minggu (8/11) memberikan tempat khusus untuk berita duka ini. Selain pembuat pintu Kakbah, almarhum juga termasuk seniman pembuat meezab (bagian atas Kakbah) dan bingkai hajar Aswad yang kokoh. Almarhum belajar seni menempa logam dari ayahnya, Syekh Ibrahim Badar.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

harap isi ini
:) -->
:D -->
:$ -->
:( -->
:p -->
;) -->
:k -->
:@ -->
:# -->
:x -->
:o -->
:L -->
:O -->
:r -->
:y -->
:t -->
:s -->
:~ -->
:v -->
:f -->
:d -->
:c -->
:z -->

ultimate web translator with flags

Blog Archive