Senin, 02 November 2009

INILAH Ilmuwan Pengubah Dunia tapi Kurang Dikenal !!!


INILAH Ilmuwan Pengubah Dunia tapi Kurang Dikenal !!!




Einstein, Alexander Graham Bell, Thomas Alfa Edison, adalah sebagian dari nama-nama yang sering terdengar di telinga kita sejak jaman kita SD. Dikenal sebagai ilmuwan-ilmuwan besar yang berpengaruh pada dunia kita sehari-hari.

Ternyata ada juga Ilmuwan-ilmuwan Dunia yang karyanya juga berpengaruh besar pada kehidupan kita, cuma jarang kita dengar namanya, entah karena apa...
Inilah beberapa ilmuwan-ilmuwan itu .



Spoiler for Ibn al-Haytham:


965-1039


Lahir di Basra Irak, al-Haytham adalah Ilmuan menonjol di usianya. Ia memberikan kontribusi yang banyak pada matematika, anatomi, astronomi, teknik, pengobatan, filosofi, fisika , dan dia yang memperkenalkan pendekatan keilmuan terhaap metodelogi percobaan dan pengamatan. Kontribusinya yang paling menonjol adalah mengenai Optik. Karyanya berjudul “The book of Optic” dianggap sebagai mahakarya yang merevolusi pembelajaran tentang optik dan visual perception. Ia adalah orang pertama yang memperkenalkan mengenai ruang gelap (dark chamber) yang akan berkembang dalam dunia kamera, dan dia meletakkan dasar awal untuk pengembangan mikroskop. Ia juga meletakkan dasar dasar prinsip optik yang akan digunakan sebagai patokan pembuatan karya karya seni jaman Renaissance.

Spoiler for Tim Berners-Lee:


1955-Sekarang


Tahukah kaskuser, kalau bukan karena dia, Anda tidak bisa ngaskus seperti saat ini. Ia adalah orang yang bertanggung jawab atas pengembangan World Wide Web. Awalnya di kembangkan sebagai alat komunikasi internal di CERN, yaitu laboratorium fisika partikel Eropa. Hebatnya, ia menolak untuk memantenkan penemuannya, dan memberikan penemuannya itu sebagai hadiah kepada dunia. Penemuannya ini bisa dibilang melebihi penemuan dari Marconi dan Alexander Graham Bell.

Spoiler for Avicenna:


980-1037


Di dunia barat, ia dikenal sebagai Avicenna, tapi di dunia Islam tempat ia berasal, ia lebih dikenal sebagai Ibnu Sina. Ilmuwan Islam yang sangat berpengaruh terhadap pesatnya dunia keilmuan Islam di Abad Pertengahan. Hasil kerjanya meliputi Kedokteran, Matematika, Logika dan Geologi (itu hanya sebagian saja) Ia menulis lebih dari 450 subjek. Namun yang paling terkenal adalah The Canon Of Medicine dan The Book of Healing. Buku-buku ini dijadikan standar textbook oleh universitas-universitas kedokteran di seluruh Eropa selama ratusan tahun. Pengaruh Ibnu Sina semakin melebar saat dia memperkenalkan metode karantina sebagai salah satu cara untuk mencegah penyebaran penyakit serta sebagai cara untuk melakukan percobaan yang sistematik.

Spoiler for Thomas Midgley:


1889-1944


Thomas Midgley adalah seseorang yang memberikan kontrbusi luar biasa terhadap dunia moderen. Sayangnya kontribusinya bukanlah suatu kontribusi yang positif. Pertama ia menemukan bahwa penambahan timbal pada bensin akan menghilangkan efek “knocking” pada mesin mobil. Penemuan ini berlanjut pada masalah kesehatan masal secara global. Kemudian ia juga yang bertanggung jawab atas penemuan CFC (Chlolro Fluoro Carbon) yang digunakan sebagai salah satu bahan pendingin di lemari es, sebagai tambahan pada hair spray. CFC ini terbukti sebagai bahan yang paling merusak atmosfir kita lebih dari bahan lain. Mungkin karena karma,kejiwaannya terganggu karena merasa tidak kuasa melawan polio yang dideritanya. Ia bahkan tidak bisa bangun dari tempat tidur. Pada akhirnya ia mengambil seutas tali dan mencekik dirinya sendiri sampai tewas.

Spoiler for Fritz Haber:


1868-1934


Fritz Haber adalah Ilmuwan kimia Jerman yang pekerjaannya meliputi subjek yang menyababkan kekaguman sekaligus kengerian dunia ilmu pengetahuan. Ia berkontribusi kepada pembuatan amonia sintesis, yang hasilnya digunakan sebagai pupuk di dunia agrikultur. Hal ini menyebabkan dapat dilakukannya produksi makanan secara intensif dan berujung pada pertumbuhan jumlah penduduk yang luar biasa. Namun disatu sisi Fritz juga terlibat secara intensif pada pengembangan senjata kimia seperti gas khlorin yang digunakan pihak Jerman pada PD I. Ia juga mengembangkan gas sianida yang digunakan pihak nazi sebagai pembunuh utama dalam upaya pemusnahan massal kaum Yahudi.

Spoiler for Leó Szilárd:


1898-1964


Mungkin kaskuser pernah dengar bahwa Einstein merasa sangat bersalah karena ia yang mencetus pembuatan bom atom. Sebetulnya itu tidak sepenuhnya benar. Adalah Leo Szilard orang yang berhasil menyempurnakan teori Relativitas Einstein menjadi reaksi berantai atom.

Szilard karena merasa kurang terkenal, meminta bantuan Einstein untuk menulis surat kepada presiden Roosevelt agar dibuat projek pengembangan bom atom untuk mengalahkan pihak Axis di PD II. Pada akhirnya Einstein menulis surat kepada presiden dan presiden akhirnya membuat manhattan project untuk mengembangkan bom atom.






Karena penemuan Szilard inilah akhirnya dunia memasuki jaman Nuklir, dan surat itulah yang disesali oleh Einstein karena menjadi pemicu awal pengembangan bom atom .

Spoiler for James Clerk Maxwell:


1831-1879


Di yakini oleh sebagian orang bahwa ia adalah bapak fisika modern. Ia merupakan figur yang berpengaruh di bidang kelistrikan, thermodynamics, energi nuklir dan lain sbagainya. Penemuannya dibidang spektrum elektromagnetik mendorong pengembangan televisi, radio, microwaves, serta membantu pengembangan teleskop inframerah. Ia juga orang pertama yang membuat foto berwarna

Spoiler for Karl Landsteiner:


1868-1943


Adalah dokter Austria yang masih training. Ia memiliki kontribusi besar dengan penemuannya mengenai golongan darah. Ia memperlihatkan akibat apa yang terjadi apabila seseorang diberi transfusi darah dengan golongan yang tidak sesuai. Ia juga berperan dalam mengidentifikasi polio, virus, dan membuat beberapa kontribusi terhadap kekebalan tubuh, histologi dan anatomi. Penemuannya dibidang golongan darah inilah yang paling berguna karena meningkatkan tingkat keberhasilan operasi.

Spoiler for John Bardeen:


1908-1991


Adalah fisikawan dan insinyur kelistrikan asal Amerika. Ia adalah salah satu pemenang nobel. Pada tahun 1956 bersama dua rekannya ia mengembangkan transistor listrik. Penemuan yang pada akhirnya merevolusi hampir semua alat elektronik di jaman moderen. Penemuannya tahun 1972 mengenai superconductivity mendorong pembuatan CAT dan MRI scan di dunia kedokteran. Terlepas dari penemuan-penemuannya yang luar biasa, ia hanya banyak dikenal di dunia keilmuwan. Ia jarang dikenal orang, namun begitu penemuan-penemuannya telah mengubah dunia secara luar biasa.

Spoiler for Joseph Lister:


1827-1912


Saat bekerja sebagai dokter bedah di Glasgow Royal Infirmary, Lister berusaha untuk mengatasi masalah infeksi pada luka, yang telah membunuh 45% pasiennya yang di amputasi. Setelah mempelajari karya Louis Pasteur, dan membaca makalah mengenai penggunaan asam karbolik pada penanganan kotoran, ia mulai menangani pasiennya dengan asam karbolik. Ia mengharuskan para ahli bedahnya untuk mencuci tangannya dengan asam karbolik sebelum dan setelah penanganan. Dan ia kemudian melakukan revolusi besar terhadap kebersihan rumah sakit. Ia kemudian dikenal sebagai bapak antiseptik dan hasil kerjanya menyelamatkan jumlah nyawa tak terhitung di seluruh dunia. Tapi TS yakin, tidak banyak kaskuser yang kenal dia...





Nikola Tesla (10 July 1856 – 7 January 1943) juga mungkin belum banyak yang tahu.tapi pernah ada yang bikin threadnya. ia merupakan penemu dan insinyur kelistrikan dan juga mekanis. Ia sangat dikenal sebagai bapaknya kelistrikan komersial.






Paul Erdős 26 March 1913 – 20 September 1996 adalah salah satu ilmuwan eksentrik asal Hungaria, ia menerbitkan makalah paling banyak dibandingkan matematikawan lainnya dalam sejarah. ia bekerja dengan ratusan kolaborasi. ia menyelesaikan berbagai masalah kombinasi, grafik, teori kemungkinan, set theory, analisis kalsik.

1 komentar:

harap isi ini
:) -->
:D -->
:$ -->
:( -->
:p -->
;) -->
:k -->
:@ -->
:# -->
:x -->
:o -->
:L -->
:O -->
:r -->
:y -->
:t -->
:s -->
:~ -->
:v -->
:f -->
:d -->
:c -->
:z -->

ultimate web translator with flags

Blog Archive