Selasa, 27 Oktober 2009

Tampilan baru dari Facebook. Apakah benar-benar baru?

Tampilan baru dari Facebook. Apakah benar-benar baru?

Chat Facebook ku bermasalah, Inbox ku ada tapi ga bisa dibuka, Mau Update status tapi katanya "Maaf, Anda tidak bisa melakukan itu", yang paling parah terakhir tulisannya begini, "Your account is temporarily unavailable to site maintenance. It should be available again within a few hours. We apologize for the inconvenience" Argh.. mau ngapain lagi? Facebook ku ga ada lagi, langsung saja aku Offline. Itu yang kulakukan tadi malam.

Ya friends, kalau merasa Facebooknya pernah error ini itu dan sejenisnya, kemungkinan besar ada perubahan pada Facebook, makin parah errornya berarti makin besar perubahannya. Jadi jangan langsung marah. Pengalaman saya, Dari pertama bikin akun Facebook, tahun 2008, saya sering merasakan sendiri kalau ada error di Facebook, tapi ga langsung kesal atau marah-marah, karena saya tahu pasti ada perubahan di Facebook yang bisa bikin Facebook jadi menyenangkan (bahkan menyebalkan :D). Ya, Menyebalkan kalau perubahan tersebut tidak kita sukai, tapi..yang pakai Facebook kan ga cuma kita. Di luar sana ada kelompok Mayoritas yang menarik perhatian team Facebook untuk membuat suatu perubahan pada tampilan. Jadi, kalau Anda tidak suka dengan tampilan baru, silakan saja buat group yang berisi orang-orang yang punya misi sama dengan Anda. Hehehe

new facebook

Salah satu penyebab Facebook mengganti kembali tampilannya menjadi seperti yang dulu.

Lihat, jutaan orang memprotes tampilan Facebook baru yang sebelumnya (perubahan bulan Maret 2009), masih ada sekitar 119.000 Group sejenisnya.

Salah satu prioritas utama Facebook adalah membantu kita semua (baca: penggunanya) tetap up to date dengan kejadian-kejadian yang di alami teman kita. Itu sebabnya hari ini kita lihat beberapa perubahan pada halaman Home, yang paling terlihat adanya News Feed dan Live.

Seperti yang pernah saya tulis sebelumnya, Apa yang membuat Facebook semakin diminati? Salah satunya yaitu Facebook selalu berkembang. Pihak Facebook selalu memberikan perubahan pada tampilan dan demi kenyamanan penggunanya.

Mengenai News Feed: Kita dapat melihat ringkasan dari aktivitas apa yang terjadi sekarang dan beberapa hari yang lalu.

Nah, apa bedanya News Feed dengan Live Feed? Mungkin yang dibawah ini sedikit membantu.

News Feed

tagged
Ketika kita login ke Facebook, kita dapat melihat hal-hal yang paling menarik yang terjadi di hari terakhir dalam "News Feed". Berita yang masuk di News Feed adalah berita-berita penting, salah satu faktor yang membuat suatu berita masuk ke News Feed adalah berapa banyak teman-teman yang menyukai dan mengomentari dan seberapa besar kemungkinan untuk berinteraksi dengan berita itu. Di News Feed ini, seperti banyak permintaan dari pengguna Facebook, kita sekarang dapat melihat teman-teman kita yang telah ditandai (di tag) dalam foto atau telah menjadi fans of Pages, juga ketika mereka RSVP untuk event-event, ketika mereka bergabung dengan group dan menambah teman baru.

Ini contohnya:

fan

Saya ga akan ketinggalan berita kalau Khilbran sebenarnya salah satu penggemar tempe (termasuk saya :D).

like

Saya juga jadi tau kalau Khilbran suka sama salah satu foto temannya.

realtion

Orien, nikah kok ga ngasih tau? Hahaha

Saya jadi tau, kalau Orien baru saja menikah satu jam yang lalu :D dan Mastura menjadi single kemarin.

suggest

Suggest Friends untuk teman kita sekarang muncul di feature Suggestions

write

Saran untuk menulis di wall teman kita juga muncul di feature Suggestions

Live Feed

livefeed
Setelah Anda tidak ketinggalan berita di News Feed, Anda dapat kembali melihat berita terkini dengan mengklik "Live Feed". Selama Anda tetap login ke Facebook, Anda akan terus melihat posting dan kegiatan dari teman-teman Anda secara real-time. Anda dapat mengedit apa yang muncul dalam tampilan ini dengan mengklik "Edit Options" di bagian bawah halaman muka.

Mengapa Facebook membuat perubahan ini?
Bulan Maret yang lalu, Facebook memperkenalkan penggunanya sebuah real-time feed di kolom tengah halaman Home, sehingga kita (baca: penggunanya) bisa melihat semua teman-teman kita berbagi status atau cerita disana. Pihak Facebook juga menyertakan feature Highlights di bagian sisi kanan sehingga kita bisa melihat aktivitas yang paling menarik terjadi di jaringan kita. (Teman, temannya teman kita, pokoknya yang berhubungan dan ada dalam jaringan kita.)

Setelah mendengar masukan dari banyak penggunanya (tidak semuanya, karena saya sendiri lebih suka dengan tampilan kemarin :D) dan melakukan riset desain baru, pihak Facebook memutuskan membuat perubahan hari ini.

Sebenarnya News Feed yang baru ditambahkan adalah perubahan dari Highlights dari sisi kanan. Bedanya, berita yang ada di Highlight jumlahnya terbatas, sedangkan di News Feed berita yang kita dapat lebih banyak, termasuk berita kemarin dan kemarinnya lagi.

new facebook
Beberapa dari kita mungkin bertanya mengapa Facebook mengubah halaman Home "lagi". Pihak Facebook sendiri tau itu mengganggu kita. Tapi harapan mereka adalah perubahan ini membuat Facebook lebih menyenangkan. Tentunya membuat sebuah perubahan tidaklah mudah, Facebook telah memikirkan apa akibatnya seperti kemungkinan akan kehilangan pengguna yang bisa jadi tidak meyukainya. Kalau begitu mengapa Facebook tetap membuat perubahan? Jawabannya ada pada pengguna yang lebih banyak menyukai tampilan Facebook lama, bisa dilihat dari jumlah group yang tampak pada gambar diatas.Bermacam-macam group memprotes tampilan baru yang diluncurkan bulan Maret lalu.

Nah, sebagian pengguna (yang bergabung sejak bulan Maret) mengatakan ini tampilan baru dan sebagian dari mereka tidak menyukainya, perubahan tampilan ini sebenarnya tidak banyak bedanya dari Old Classic Facebook (yang dimunculkan lagi atas permintaan pengguna).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

harap isi ini
:) -->
:D -->
:$ -->
:( -->
:p -->
;) -->
:k -->
:@ -->
:# -->
:x -->
:o -->
:L -->
:O -->
:r -->
:y -->
:t -->
:s -->
:~ -->
:v -->
:f -->
:d -->
:c -->
:z -->

ultimate web translator with flags

Blog Archive